
Survey lingkungan belajar (SULINGJAR)
Survey lingkungan belajar bertujuan untuk mengevaluasi seberapa kondusif suatu lingkungan bagi proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang dimaksud mencakup aspek fisik (ruang kelas, fasilitas), sosial (interaksi antar siswa dan guru), serta psikologis (kenyamanan, keamanan, motivasi). Hasil survey ini dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.
### Tujuan Survey Lingkungan Belajar:
1. **Mengevaluasi Kondisi Fisik dan Fasilitas:** Memastikan bahwa fasilitas yang tersedia mendukung proses pembelajaran.
2. **Mengukur Aspek Sosial dan Psikologis:** Memahami interaksi antar siswa, hubungan siswa-guru, dan bagaimana siswa merasa di lingkungan belajar.
3. **Mengenal Kebutuhan dan Preferensi Siswa:** Mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa yang dapat membantu mereka belajar lebih baik.
4. **Meningkatkan Pengalaman Belajar:** Mengidentifikasi area perbaikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih positif.
### Aspek yang Disurvei dalam Lingkungan Belajar:
1. **Kondisi Fisik Ruang Belajar:**
- Pencahayaan, ventilasi, dan suhu ruang kelas.
- Ketersediaan dan kenyamanan meja, kursi, dan papan tulis.
- Akses ke fasilitas pendukung seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang komputer.
- Kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah.
2. **Aspek Sosial dan Interaksi:**
- Hubungan antar siswa (apakah ada bullying, perundungan, atau diskriminasi).
- Hubungan antara siswa dan guru (apakah ada dukungan dan komunikasi yang baik).
- Kerjasama dan kolaborasi di antara siswa dalam kegiatan kelompok.
3. **Aspek Psikologis:**
- Tingkat kenyamanan siswa di ruang belajar.
- Motivasi belajar dan sikap terhadap pembelajaran.
- Tingkat stres atau kecemasan yang dialami siswa dalam lingkungan belajar.
4. **Metode dan Strategi Pengajaran:**
- Keberagaman metode pengajaran yang digunakan guru.
- Partisipasi aktif siswa dalam proses belajar.
- Ketersediaan dukungan tambahan, seperti bimbingan belajar atau konsultasi dengan guru.
5. **Ketersediaan Teknologi dan Sumber Belajar:**
- Akses ke perangkat teknologi (komputer, tablet) dan internet.
- Ketersediaan bahan ajar yang relevan dan up-to-date (buku, e-book, bahan digital).
- Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran (misalnya, platform e-learning).
### Contoh Pertanyaan Survey Lingkungan Belajar:
1. **Kondisi Fisik:**
- "Bagaimana penilaian Anda terhadap pencahayaan di ruang kelas?"
- "Apakah meja dan kursi di kelas nyaman untuk digunakan belajar?"
- "Apakah Anda merasa aman berada di lingkungan sekolah?"
2. **Aspek Sosial:**
- "Seberapa baik hubungan Anda dengan teman-teman sekelas?"
- "Apakah Anda merasa didukung oleh guru saat mengalami kesulitan belajar?"
- "Apakah Anda merasa bahwa lingkungan sekolah mendorong kolaborasi antar siswa?"
3. **Aspek Psikologis:**
- "Apakah Anda merasa nyaman dan rileks saat berada di kelas?"
- "Seberapa sering Anda merasa stres atau cemas di sekolah?"
- "Apakah Anda termotivasi untuk belajar di lingkungan saat ini?"
4. **Metode Pengajaran:**
- "Seberapa efektif guru Anda menggunakan berbagai metode pengajaran?"
- "Apakah Anda merasa terlibat aktif dalam proses pembelajaran?"
- "Seberapa sering guru memberikan umpan balik yang membantu pada tugas atau pekerjaan Anda?"
5. **Akses ke Teknologi dan Sumber Belajar:**
- "Apakah sekolah menyediakan akses yang memadai ke komputer dan internet?"
- "Bagaimana Anda menilai kualitas bahan ajar dan sumber daya belajar di sekolah?"
- "Seberapa sering teknologi digunakan untuk mendukung pembelajaran?"
### Cara Melaksanakan Survey Lingkungan Belajar:
1. **Kuesioner Online atau Cetak:** Menggunakan platform seperti Google Forms, Microsoft Forms, atau kertas kuesioner.
2. **Diskusi Kelompok Terarah (Focus Group Discussion):** Mengumpulkan sekelompok siswa atau guru untuk diskusi mendalam.
3. **Wawancara:** Wawancara individual atau kelompok dengan siswa, guru, dan orang tua.
4. **Observasi Langsung:** Mengamati secara langsung bagaimana proses pembelajaran berjalan dan kondisi ruang kelas.
Survey ini bisa memberikan wawasan penting bagi pihak sekolah atau lembaga pendidikan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam lingkungan belajar dan membuat rencana perbaikan yang tepat. Apakah Anda ingin membuat survei khusus atau membutuhkan template kuesioner untuk tujuan tertentu.
LINK UNTUK MENGISI SULINGJAR
https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Denah Lokasi SMK NU 1 Adiwerana (Sabiilul Khoer)
Denah sekolah memiliki beberapa pentingnya yang signifikan, baik untuk siswa, guru, maupun staf administrasi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa denah sekolah penting: 1.
Konversi motor listrik SMK NU 1 Adiwerna (SMK KHOER)
Konversi motor listrik adalah proses mengubah kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE) menjadi kendaraan yang digerakkan oleh motor listrik. Ini bisa dilakukan pada berbagai jenis k
Pentingnya Pendidikan di Era Digital
Pentingnya Pendidikan di Era Digital Di era digital saat ini, pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk generasi masa depan. Dengan perkembangan teknologi yang pes
Tugas Utama Kepala Sekolah
Tugas Utama Kepala Sekolah Tugas-tugas Pokok Kepala SekolahBapak/Ibu perlu tahu bahwa menjadi seorang kepala sekolah tidak serta-merta hanya menjadi pemimpin saja. Di bawah ini akan
SUARA DEMOKRASI
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ”Suara Demokrasi” Tahun ini ada yang berbeda di SMK NU 1 Adiwerna. Hari Rabu, 13 September 2023 adalah puncak kegiatan Pro
Artikel Pendidikan Pentingnya Visi Misi di sekolah
Pentingnya Visi Misi di sekolah Oleh : Isnafiyah, S.Pd. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah penga
Artikel Pendidikan Teknologi Pendidikan
TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN DI ERA MODERN Oleh : Munifatuz Zahroh, S.Pd. Teknologi di era sekarang ini sangat penting. Setiap orang menggunakan teknologi dala